Kematian : Tafsir Ayat 155-157 al-Baqarah

Salah satu ayat yang dirujuk tentang kematian adalah seperti tersebut pada Surat al-Baqarah ayat 155, 156, dan 157. Tiga ayat ini berisi kandungan sebagai berikut : ayat 155 menyatakan bahwa Allah akan menguji manusia dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan, serta informasi bahwa ada kabar gembira bagi orang-orang yang sabar; ayat 156 menjelaskan bahwa orang-orang yang sabar itu, adalah orang yang ketika ditimpa musibah, dia mengucapkan inna lillahi wa inna ilayhi raji’un (Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepadaNyalah kami kembali); ayat 157 menegaskan bahwa orang-orang yang sabar danĀ  mengucapkan inna lillah tadi mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Mereka adalah orang-orang yang mendapatkan petunjuk.

Tiga ayat di atas memberikan pelajaran sebagai berikut : 1) Ayat 155 berisi informasi tentang sesuatu yang bisa terjadi sehari-hari. Alamiah. Rasa takut akan kekurangan harta benda, jiwa, uang, dsb adalah fenomena sehari-hari yang terjadi pada siapa saja, dan kapan saja; 2) Ayat 156 mengajarkan tentang cara menyikapi semua rasa takut di atas, yaitu dengan sikap sabar; 3) Ayat 157 mengajarkan bahwa siapa yang sabar pasti mendapatkan petunjuk Allah SWT.

Dari tiga pelajaran di atas, yang sangat penting kita camkan dari setiap peristiwa kematian adalah bagaimana agar kita semakin mendapat petunjuk. Hidup kita semakin terarah dan kita terus terdorong untuk mempersiapkan diri menghadapai kematian dengan ketaatan kepada Allah. Karena itu, seiring apresiasi kita pada setiap kemukjizatan kata al-Quran dan susunannya, maka “membaca” tiga ayat di atas dapat kita mulai dari ayat 157, kemudian 156, baru ayat 155.

Dari peristiwa kematian, hendaknya kita semakin mendapat petunjuk atau hidayah (157); hidayah dimaksud adalah berupa petunjuk akidah agar kita meyakini sedalam-dalamnya bahwa segala sesuatu di muka bumi ini adalah milik Allah, yang dapat Dia ambil –termasuk diri kita–kapan saja Dia mau (156). Dengan keyakinan seperti ini, akan tumbuh sifat sabar dalam menghadapi berbagai macam ujian yang Allah cobakan dalam hidup kita (155).

Wallahu a’lam..

About these ads
This entry was posted in Tafsir and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kematian : Tafsir Ayat 155-157 al-Baqarah

  1. zamris says:

    Ya sdh banyak tulisan2nya nih, saya berharap tmn2 dosen yg lain juga menulis diblognya yg sdh disediakan, maju terus menulis Pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s