Al-Tafsir Wa Rijaluh Karya Ibnu ‘Asyur

Wacana Tafsir al-Quran selalu bertambah dari waktu ke waktu. Ini disebabkan karena al-Quran merupakan kitab suci yang selalu terbuka untuk sebuah penafsiran. Al-Quran memang “membuka diri” untuk diteliti dan dikaji. Dalam al-Quran Allah menegaskan, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Quran ataukah hati mereka terkunci (QS. 47:27)?

Berdasar ini, para pengkaji al-Quran berlomba memahami al-Quran dengan menghasilkan karya-karya berkenaan dengan al-Quran, baik secara khusus dalam bentuk kitab tafsir, karya tentang kitab Tafsir, maupun karya-karya berkenaan dengan studi al-Quran secara umum. Semua karya yang mengkhususkan pada studi al-Quran memang akan terus bermunculan. Ini karena al-Quran memang sarat dengan makna. Pakar al-Quran asal Mesir, Abdullah Darraz, mengatakan, “Bila engkau membuka al-Quran, lalu membukanya lagi, maka engkau akan mendapatkan makna lain dari yang sebelumnya” (Abdullah Darraz, Al-Naba al-Azhim, Kuwait : Dar al-Qalam, 1974, hal. 112.)

Buku Ibnu ‘Asyur berjudul Al-Tafsir wa Rijaluh (Tafsir dan tokoh-tokohnya) ini adalah sebuah karya yang mengisi khasanah Tafsir al-Quran. Buku ini adalah sebuah karya tentang kitab tafsir. Dilihat dari judulnya, secara umum buku ini berisi dua hal : pertama berkenaan dengan wacana Tafsir itu sendiri, dimana tertangkap beberapa pemikiran penting Ibnu Asyur tentang Tafsir (al-tafsir), dan kedua berkenaan dengan tokoh-tokoh mufasir (rijaluh). Yang belakangan ini semacam ringkasan umum perkembangan penafsiran al-Quran dilihat dari masa tabiin sampai masa kontemporer.

Ditulis oleh seorang pakar Tafsir Kontemporer asal Tunis, buku Ibnu Asyur ini layak diapresiasi oleh semua peminat kajian al-Quran karena isinya yang representatif dalam keilmuan Tafsir, yaitu berkenaan dengan wacana Tafsir itu sendiri dan para mufasirnya.

This entry was posted in Tafsir. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s