Kunjungan Ensieh Khazali ke UMJ

Jum’at, 11 Februari 2011, Dr. Ensieh Khazali, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastera Universitas al-Zahra, Iran yang juga aktivis perempuan Iran, berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan disambut oleh Rektor UMJ, Prof. Dr. Masyitoh. Kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai silaturrahim Ensieh Khazali kepada UMJ, disamping untuk menjajaki kemungkinan kerjasama di bidang pendidikan umumnya, dan bidang keperempuanan, khususnya, antara Universitas Al-Zahra dan UMJ. Dalam kesempatan tersebut, Ensieh mengatakan bahwa Universitas al-Zahra adalah satu-satunya universitas di Iran yang diperuntukkan khusus untuk wanita dengan jumlah mahasiswi mencapai 10.000 orang, dan memiliki delapan fakultas : Seni, Psikologi, Ilmu-ilmu Sosial, Ekonomi, Teologi, Bahasa dan Sastera, Teknik, dan Sejarah. Universitas Al-Zahra juga mempunyai Pusat Kajian Wanita, di mana Ensieh menjadi ketuanya. Kedatangannya ke Indonesia, tambahnya, adalah dalam rangka memperluas hubungan kerjasama dengan negara-negara Islam di Asia di bidang keperempuanan.

Profesor Masyitoh yang belum lama terpilih untuk kedua kalinya menjadi rektor UMJ itu, mengatakan bahwa UMJ juga memiliki perhatian yang kuat terhadap pengembangan potensi wanita. Pusat Studi Wanita (PSW) UMJ adalah sebuah lembaga yang secara khusus didirikan untuk mengkaji hal-hal yang berkait dengan pengembangan potensi wanita tersebut.

Ketertarikan Ensieh berkunjung ke UMJ rupanya salah satunya didiorong oleh faktor bahwa salah satu universitas swasta terbesar ini dipimpin oleh seorang wanita, yang merupakan bukti pengakuan sivitas akademika UMJ khususnya, tentang kemampuan kepemimpinan wanita. Masyitoh saat ini adalah satu-satunya rektor wanita  yang  berkesempatan memimpin sebuah  perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah yang memiliki 164 universitas dan sekolah tinggi di Indonesia.

Ada hal menarik menjelang berakhirnya pertemuan; sesudah foto bersama dan tukar menukar cinderamata, sambil berdiri Ensieh menerima telpon dan mengatakan kepada kami bahwa baru saja Presiden Husni Mubarak diberitakan ‘pergi’ ke luar negeri (berarti mundur dari jabatan presiden menyusul tuntutan rakyat Mesir agar ia lengser sesudah 30 tahun berkuasa).

Setelah pertemuan, Ensieh berkesempatan mengunjungi Iranian Corner UMJ, dan menyaksikan siaran langsung internasional perkembangan terakhir situasi politik Timur Tengah yang sedang kisruh itu.

This entry was posted in News and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s