FAI UMJ Menjalin Kerjasama dengan Mesir

Kamis, 10 Maret 2011, Pimpinan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) menerima kunjungan Mohamed El-adawiy dari Kedutaan Besar (Kedubes) Mesir di Jakarta. Maksud kunjungan tersebut adalah dalam rangka menjalin kerjasama antara Kedubes Mesir dengan pihak FAI UMJ dalam kajian-kajian keislaman. Dalam sambutannya, Mohamed El-adawiy mengatakan, bahwa Pemerintah Mesir yang belakangan dilanda krisis politik itu, tahun (2010) ini mengirimkan 50 tenaga pengajar setingkat Master dan Doktor dari Universitas Al-Azhar ke Indonesia dalam rangka misi penyebaran pemikiran keislaman yang benar kepada dunia Islam; tashhihul mafahim al-maghluthah, kata El-Adawiy. Menurutnya, faham yang berkembang tentang Islam sebagai agama terorisme (din irhabiy), misalnya, harus diluruskan; Islam adalah agama yang menjunjung tinggi perdamaian (din al-salam), tegasnya. Begitu juga tentang faham feminisme yang terlalu liberal.

Mohamed El-adawiy mengatakan bahwa pihak Kedubes Mesir akan mendatangkan satu orang dosen Al-Azhar, khusus ke FAI UMJ untuk jangka waktu satu tahun dalam kerjasama ini. Dosen tersebut siap memberikan kuliah, baik kepada para mahasiswa dalam kuliah umum dan perkuliahan di kelas, maupun kepada para dosen FAI UMJ dalam forum diskusi dosen. Pihak Kedubes juga siap mengadakan sebuah perpustakaan khusus Mesir (Egypt Corner) di UMJ, jika pihak universitas menyediakan tempatnya.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. Amnan Muslimin, mewakili Dekan FAI UMJ, mengatakan sangat berterimakasih dan menyambut baik rencana jalinan kerjasama ini dalam rangka meningkatkan mutu pemahaman keislaman mahasiwa FAI UMJ khususnya, dan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab, khususnya. Selain unsur pimpinan FAI UMJ, hadir beberapa orang dosen Bahasa Arab.

Di akhir pertemuan, Mohamed El-adawiy, ditemani pimpinan dan dosen FAI UMJ, mengunjungi  perpustakaan.

This entry was posted in FAI UMJ. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s