Rahasia Sebenarnya Kesuksesan Setan (II)

Dalam tulisan sebelumnya, Rahasia Sebenarnya Kesuksesan Setan (I), sudah disebutkan bahwa tidak adanya sifat ikhlas karena Allah dalam perbuatan  kita, adalah di antara rahasia kesuksesan setan. Setan akan dengan sangat mudah menggelincirkan manusia dari jalan kebenaran, bila tidak ada sifat ikhlas ini. Dan sebaliknya, setan kesulitan menembus pertahanan orang-orang yang ikhlas karena Allah. Demikian kesimpulan yang dapat dipetik dari ayat 82 dan 83 Surat al-Shad (38).

Pada ayat lain, ayat 22 Surat Ibrahim (14), Allah menginformasikan (bakal) pengakuan setan di Hari Kiamat nanti, ketika selesai Persidangan Besar antara manusia dengan Setan; Dan berkatalah setan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan : “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu jangan mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri. aku sekali-kali tidak dapat menolongmu, dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesunggguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu  mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih.

This entry was posted in Renungan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

