Lima Riset Tradisi Keilmuan Islam

Dalam paparan perkuliahannya, Selasa, 18 Oktober 2011, di Pasca Sarjana UIN Jakarta, Profesor Abudin Nata mengatakan ada lima macam riset yang dikembangkan oleh umat Islam dalam tradisi keilmuannya; yaitu 1. Riset Bayani, 2. Riset Burhani, 3. Riset Ijbari, 4. Riset Jadali, dan 5. Riset Irfani.

Riset Bayani adalah penelitian terhadap teks-teks al-Quran dan al-Hadis yang melahirkan disiplin ilmu-ilmu agama seperti ilmu Tafsir, ilmu Hadis, dan ilmu lainnya seperti Fiqh yang semuanya  dilakukan untuk menjelaskan teks-teks agama. Pada riset ini, umat Islam memiliki tokoh-tokoh seperti Al-Thabari, Bukhari, Syafii, dll.

Riset Burhani adalah penelitian terkait soal-soal kemasyarakatan dan melahirkan ilmu-ilmu sosial. Basis riset ini adalah bahwa Islam tidak saja berisi ajaran tentang keyakinan atau doktrin semata, tetapi juga ajaran yang hidup dalam ruang dan waktu, di mana Islam dan pemeluknya saling berinteraksi.Tokoh seperti Ibnu Khaldun yang dijuluki Bapak Sosiologi adalah di antara ilmuwan Islam yang dapat dicontohkan pada riset burhani ini (Ibnu Khaldun menciptakan karya cemerlangnya Muqaddimah).

Riset Ijbari adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini mengambil alam fisika sebagai objek penelitiannya; langit, bumi, air, tubuh manusia, dll. Penelitian eksperimental inilah yang membuat Islam maju dan memimpin dunia pada masa keemasannya. Tokoh Ibnu Sina di bidang kedokteran, dan al-Khawarizmi di bidang Optik adalah di antara ilmuwan riset ijbari ini.

Riset Jadali adalah riset dengan basis murni logika dan menghasilkan ilmu filsafat. Ibnu Sina, al-Kinda, Ibnu Rusyd, adalah filosof-filosof muslim yang karya dan buah fikiran spekulatif (tentu didasari nash-nash agama) mereka dihormati, diapresiasi, dan dikaji bukan saja komunitas keilmuan Islam, tetapi juga dunia.

Riset Irfani adalah penelitan dengan basis potensi-potensi batini seperti al-‘aqlu, al-qalbu, dan al-fuadu. Riset ini menghasilkan disiplin keilmuan tasawuf sebagai olah batin. Abu Yazid al-Bushthomi, Hasan Basri, Rumi, dll. adalah tokoh-tokoh dunia yang akan dikenang sepanjang masa sebagai peneliti-peneliti domain esoterik dari kehidupan seorang manusia.

This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s