Apresiasi : Islam versus Jahiliyah

Almarhum Nurcholish Madjid yang biasa disapa Cak Nur, pernah dalam bukunya, Pintu-pintu Menuju Tuhan, ada mengutip perkataan Ibnu Taimiyah, al-taqdir fi ‘l-jahiliyyat bi ‘n-nasabi wa al-taqdir fi ‘l-islami bi ‘l-amali, yang berarti apresiasi kepada seseorang, pada masa jahiliyah didasarkan kepada nasab atau keturunannya, sementara apresiasi pada masa Islam adalah dengan karyanya.

Ungkapan penting Ibnu Taimiyah ini, sejatinya mempertegas apa yang sudah dikukuhkan al-Quran tentang pentingnya nilai kerja atau amal yang darinya dihasilkan sebuah karya. Banyak  ayat yang dapat dicatatkan tentang nilai kerja ini, di antaranya ayat  105 surat al-Taubah (9) yang  terjemahnya berbunyi : Dan katakanlah (hai Muhammad) bekerjalah kamu, maka Allah, RasulNya, dan orang-orang beriman akan melihat amalmu itu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada Yang Maha Mengetahui yang gaib, lalu Dia akan memberitakan kepadamu apa yang kamu kerjakan.

Selain ayat di atas, ayat-ayat yang berisi perintah untuk bekerja dapat dicatakan berikut : ayat 135 surat al-An’am (6), ayat 93 surat Hud (11), dan ayat 39 surat al-Zumar (39).

Masa Islam memang jauh berbeda dari  masa sebelumnya jahiliyah. Bila pada masa jahiliyah, segala sesuatu, bahkan manusia, diukur dari materi (ingat bagaimana Bilal diperjualbelikan oleh tuannya, ‘Utbah bin Rabi’ah yang konglomerat itu), maka Islam memutarbalik 180 derajat fakta itu dengan mengukurnya dari sudut amal perbuatan (amal saleh) yang tidak ada sangkut pautnya dengan materi, keturanan, prestise, jabatan, atau apapun namanya di luar amal. Nabi Salallahu ‘alaiyhi wa sallam, pernah bersabda : Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk jasad kamu, tapi Dia melihat hati dan perbuatanmu. Wallahu a’lam.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s