“Selamat Nakhoda Baru FAI..”

Lumayan lama menunggu dan bertaka-teki siapa nakhoda baru Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), Selasa, 4 September 2012, penantian itu berakhir dan teka-teki tersebut terjawab sudah. Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Dr. Masyitoh Chusnan, M.Ag. melantik Rini Fatma Kartika, MH sebagai dekan FAI UMJ periode 2012-2016, di ruang sidang lantai satu rektorat. Hadir dalam acara tersebut ketua dan anggota Badan Pengurus Harian UMJ, para wakil rektor, para dekan fakultas, dan tentunya para dosen dan pegawai FAI UMJ. Acara pelantikan berlangsung secara khidmat dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari dekan FAI UMJ periode 2008-2012, Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag kepada dekan FAI UMJ terpilih.

Dalam pengarahannya, Rektor mengatakan bahwa dinamika di FAI UMJ yang “terlalu  hangat” menyebabkan pelantikan dekan FAI UMJ agak terlambat bahkan merupakan pelantikan yang terakhir dibanding pelantikan dekan di fakultas lain. Namun, sebagai bagian dari demokrasi, perbedaan tersebut adalah alamiah terjadi dan tidak boleh diperpanjang, karena kita memerlukan suasana yang kondusif dalam memajukan UMJ, tegasnya. Secara khusus beliau berpesan agar dekan baru FAI UMJ dapat bekerjasama dengan universitas, dan merangkul semua pihak dalam memajukan fakultas.

Sementara itu, dekan terpilih, Rini Fatma Kartika, MH, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan kepadanya ini; dan meminta agar semua pihak, khususnya pihak rektorat untuk bersedia diajak bekerjasama dalam lebih memajukan Fakultas Agama Islam. “Sebagai dekan, saya tidak berarti apa-apa, kalau bapak-bapak ibu-ibu tidak membantu amanah ini”, demikian beliau merendah.

Profesor Doktor Armai Arief, dalam sambutannya mengatakan juga terimakasih atas kepercayaan pihak Persyarikatan Muhammadiyah yang telah memberikan kesempatan kepadanya menjadi dekan FAI UMJ periode 2008-2012. Beliau  mengakui sudah berusaha untuk mengembangkan FAI, tetapi masih banyak yang harus dilakukan.  “Apa yang sudah kami lakukan, kita dapat lihat bersama, meski banyak yang kami belum lakukan dalam memajukan FAI UMJ.  Karena itu kami mohon maaf”, katanya.

Menutup rangkaian sambutan, Drs. Husni Thoyyar, M.Ag., selaku ketua BPH UMJ berpesan kepada dekan terpilih, agar lima poin inti yang dinyatakan sebagai  landasan memikul amanah,  tidak hanya menjadi pepesan kosong. Kelimanya adalah Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah, Khittah Perjuangan Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, dan Kepribadian Muhammadiyah.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat bekerja dan menunaikan amanah kepada (biasa kami memanggil) bu Rini; kami akan ikut bekerja dan membantu menunaikan amanah tersebut, untuk yang terbaik bagi FAI UMJ. Semoga.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s