Workshop Penguatan Pembelajaran Bahasa Arab

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhamamdiyah Jakarta (FAI UMJ), Hadiyan, MA, mengikuti Workshop Penguatan Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS), yang diadakan oleh Kementerian Agama. Acara berlangsung pada tanggal 7-9 Oktober, di Batam.

Workshop Penguatan Pembelajaran bahasa Arab yang diikuti oleh 31 PTAIS ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di PTAIS. Hadir sebagai narasumber dengan masing-masing materi : Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, (Kebijakan Pembelajaran Bahasa Arab di PTAI), Prof. Dr. Moh. Matsna, MA, (Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab), Dr. Ahmad Sayuti Anshari Nasution (Materi Pembelajaran Bahasa Arab), Prof. Dr. Husein Aziz, MA (Problematika Pembelajaran Bahasa Arab), dan Prof. Dr. HD Hidayat, MA (Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab).

Prof. Dr. Dede Rosyada, MA,  yang juga Direktur Pendidikan Tinggi Islam, khusunya, mengatakan output PTAI akan memasuki pasar global, dan karena itu PTAI harus mendorong mahasiswanya bersiap dan berdaya saing memasuki era globalisasi tersebut.  Untuk berdaya saing, maka penguasaan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa internasional, menjadi mutlak dikuasai. Penguasaan Bahasa Arab menjadi sama penting dengan penguasaan bahasa Inggris, bahkan dalam studi-studi keislaman, menjadi lebih penting, karena literatur studi agama kebanyakan tertulis dalam bahasa Arab.

Lebih lanjut, Direktur mengatakan bahwa mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Arab, juga Pendidikan Bahasa Arab (PBA) harus memiliki kompetensi yang seimbang antara kemampuan membaca literatur berbahasa Arab, menulis dalam bahasa Arab, dan berbicara dalam bahasa Arab; juga kemampuan memahami native speaker. Tetapi mahasiswa program studi non Arab yang kebanyakan ada di PTAIS, diharapkan dapat memiliki kompetensi standar, yaitu kemampuan memahami teks-teks berbahasa Arab secara komprehensif. Meski, akan lebih baik, jika mahasiswa program studi non Arab ini juga memiliki kompetensi berbicara dalam bahasa Arab.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s