Milad Akbar 1 Abad Muhammadiyah Penuhi Gelora Bung Karno

Tepat tanggal 18 Nopember 2012, Muhammadiyah genap berusia 100 tahun dalam penanggalan Masehi dan 103 tahun dalam penanggalan Hijriyah. Hujan lebat yang mengguyur stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta hari Minggu lalu (18 Nop 2012) tidak mengurangi semangat puluhan ribu warga Muhammadiyah untuk mengikuti acara gelar 1 abad Muhammadiyah. Sejumlah tokoh nasional hadir dalam peringatan ini, di antaranya mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD RI Irman Gusman, Gubernur DKI Joko Widodo, mantan Ketuan PBNU Hasyim Muzadi, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, mantan Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, para duta besar, dan lain-lain. Di ruang VIP juga tampak para pimpinan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rektor UMJ, Prof. Dr. Hj. Masyitoh, para wakil rektor, dan para dekan fakultas ikut memeriahkan acara tersebut. UMJ di bawah komando bidang Kemahasiswaan juga memberangkatkan 6 bus mahasiswa untuk memeriahkan perhelatan akbar tersebut.

Di tengah perayaan akbar Milad Muhammadiyah ke-100, sekitar jam 10.30 hujan deras mengguyur GBK. Namun dalam perhelatan akbar ini, tidak satu pun warga Muhammadiyah yang meninggalkan kursinya. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin yang melihat antusiasme dari puluhan ribu warga Muhammadiyah juga tidak ingin kalah. Dirinya yang menumpangi mobil Alphard hitam berdiri di atas sun roof mobilnya dengan basah kuyup sambil melambaikan tangannya ke seluruh warga Muhammadiyah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Hujan yang mengguyur deras menurut Din Syamsudin merupakan berkah dari Allah SWT bagi Muhammadiyah yang telah menginjak usia 100 tahun. Dalam sambutannya, Din Syamsudin juga sempat dialog melalui teleconference dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) di berbagai daerah di Indonesia yang juga sedang melagsungkan perayaan Milad 1 Abad. Pada teleconference tersebut, Ketua PWM Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengungkapkan tekad dan keinginan warga Muhammadiyah untuk tetap istiqamah berjuang meneruskan dakwah dan beramal saleh seperti yang diajarkan nabi besar Muhammad SAW dan Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam testimoninya mengatakan bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi islam yang banyak berperan di Indonesia. “Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, saya rasa peran Muhammadiyah sangat berharga terutama peran Muhammadiyah banyak menyentuh masyarakat Indonesia dari segi amal ibadahnya,” kata Jusuf Kalla di hadapan puluhan ribu warga Muhammadiyah yang memenuhi Gelora Bung Karno, senayan.

JK memberikan selamat atas peringatan 1 abad organisasi Islam yang lahir 12 Nopember 1912 lalu ini. “Wajar jika kita memberikan selamat kepada Muhammadiyah termasuk pada Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsudin dan seluruh warga Muhammadiyah,” lanjutnya.

Sementara itu, mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi memberikan testimoni bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi yang sangat berguna bagi dunia Islam. Dia pun meminta agar seluruh umat Islam meningkatkan ukhuwah Islamiyah yang menurutnya saat ini sedikit menurun. “Jayalah Muhammadiyah untuk selama-lamanya,” katanya. Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menyatakan, dalam usia 100 tahun Muhammadiyah terus menyinari negeri. Dia meminta agar seluruh anggota dan warga Muhammadiyah untuk dapat terus menghidupi organisasi tersebut.

Perayaan Milad Akbar yang bertema Sang Surya Tiada Henti Menyinari Negeri ini dilakukan di semua wilayah di Indonesia. Di Aceh, perayaan Milad dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Aceh, sedangkan di Yogyakarta, dilaksanakan di sportorium  UMY. Untuk di wilayah Sulawesi Selatan, dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Makassar. Warga Muhamamdiyah Jawa Timur juga dalam perayaan Miladnya di Dome Universitas Muhammadiyah Malang. Dari berbagai informasi, hampir seluruh tempat perayaan 1 Abad Muhammadiyah termasuk Gelora Bung Karno, tidak dapat menampung seluruh peserta yang hadir di masing-masing kota. (UMJ News, Edisi No. 12/24 Nov 2012)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s