Konferensi Internasional tentang Fatwa

Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan Rabithah Alam Islamiy (Moslem World League) mengadakan hajatan besar berupa International Conference on Fatwa di Hotel Borobudur Jakarta, 24 sampai 26 Desember 2012. Konferensi ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Dr. H. Agung Laksono, yang mewakili Presiden Soesilo Bambang  Yudoyono. Sejumlah ulama dari berbagai negara seperti Saudi Arabia, Yordania, Turki, dan Indonesia sendiri hadir sebagai pembicara. Sementara sebagai peserta, selain diikuti oleh berbagai unsur seperti perguruan tinggi, majelis ulama, dan ormas-ormas Islam dalam negeri, tampak juga peserta dari Taiwan dan Jepang. Selain konferensi, hajatan internasional ini juga meluncurkan website Rabithah Alam Islamiy, www. themwl.org., sebagai sarana sosialisasi organisasi dan berbagai produk fatwanya kepada umat Islam.

Butir-butir rekomendasi  resmi konferensi internasional tersebut tercatat sebagai berikut :

1. Mengarahkan perhatian umat Islam di seluruh dunia, baik secara resmi maupun informal tentang pentingnya fatwa dan tujuannya sebagai penjelasan tentang hukum Allah SWT sesuai dengan al-Quran dan al-Sunnah, dan sesuai dengan konsensus ulama syariah dan menjauhkan fatwa dari segala hal yang dapat menimbulkan pertentangan  dan perselisihan umat Islam yang dapat merusak citra Islam.

2. Menguatkan isi Piagam Fatwa yang dihasilkan oleh Konferensi Internasional tentang Fatwa dan Kriterianya di Mekkah tahun 1430 H, dan menerjemahkan piagam tersebut dan memasukkannya dalam kurikulum fakultas Syariah pada perguruan tinggi Islam.

3. Perlunya menjaga kesatuan dan persatuan umat Islam, menghormati tempat ibadah, prinsip-prinsip universal Islam, ajaran-ajaran dasar Islam serta kepentingan utama umat Islam; dengan menjauhkan perselisihan dan faktor-faktor pemicunya.

4. Menegaskan pentingnya menggunakan dialog yang konsruktif, menghormati para ulama, para dai, dan menjauhkan tuduhan kafir, fasiq, marginalisasi, dan kekerasan pada kelompok tertentu.

5. Menyebarkan kesadaran umat melalui berbagai media massa Islam akan signifkansi fatwa dalam mengontrol kehidupan muslim dan perlunya memegang komitmen terhadap etika berfatwa dan meminta fatwa kepada otoritas yang kompeten.

6. Mempermudah akses kepada para mufti,ulama dan otoritas fatwa serta memperluas jangkauan lembaga-lembaga/organisasi fatwa di kota-kota dan negeri-negeri muslim.

7. Menerjemahkan keputusan Islamic Fiqih Council dan menyebarkannya melalui berbagai media massa antara lain melalui media Islam yang baru saja diresmikan.

8. Membentuk tim ahli dari Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) dan Liga Muslim Dunia untuk mempelajari kondisi fatwa dan permasalahan para mufti/lembaga fatwa di negara-negara ASEAN dan negara lainnya agar dapat memberikan jalan keluar sesuai dengan misi Kementerian Agama RI dan Liga Muslim Dunia.

9. Mengadakan pelatihan ahli fatwa dan para ulama yang berkompeten di Indonesia atas kerjasama Kementerian Agama RI dan Liga Muslim Dunia.

10. Mengadakan Konferensi Internasional Fatwa sekali dalam dua tahun agar menjadi forum di mana para ulama, mufti/lembaga fatwa, dan para dai, atas kordiansi Kementerian Agama RI dan Liga Muslim Dunia untuk membicarakan urusan Islam secara umum dan persoalan-persoalan aktual umat Islam.

11. Mendirikan Forum atau Lembaga Fatwa untuk ASEAN dan negara-negara yang dianggap perlu yang berpusat di Jakarta untuk memikirkan persoalan-persoalan umum dan problematika aktual umat agar dapat memberikan solusi yang tepat. Forum tersebut juga melakukan kerjasama dengan Islamic Fiqih Council dan lembaga-lembaga/organisasi fatwa lainnya di dunia Islam, melakukan tukar-menukar pengalaman dan metodologi fatwa serta produk-produk fatwa masing-masing negara.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s