Agama dan Ilmu Humaniora

Dalam kesempatan sesi diskusi pada acara Pembekalan Praktikum Penelitian Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), Rabu, 22 Mei 2013, kami mengajukan pertanyaan kepada narasumber, Profesor Agus Suradika, M.Pd., Guru Besar Penelitian UMJ, tentang banyak pakar dan sumber yang mengatakan bahwa agama dikelompokkan dalam ilmu-ilmu humaniora; seperti halnya juga, saya tandaskan, pemikiran Profesor Koentjaraningrat dalam bukunya Agama dan Mentalitas Pembangunan, sebagai memasukkan agama dalam kebudayaan, yang berarti agama menjadi bagian dari ilmu-ilmu humaniora.

Menjawab pertanyaan kami tersebut, Prof. Agus mengatakan bahwa baginya ilmu humaniora itu adalah bagian kecil dari agama; apa yang disebut agama jauh lebih luas dari sebuah disiplin ilmu, tandasnya. Beliau kemudian mengutip surat al-Kahfi ayat 109 : Katakanlah : “Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula). “Jika ilmu merupakan sarana untuk menjawab problematika umat manusia, maka pada titik tertentu, ilmu memiliki batasnya; sementara dalam agama tersedia semua jawaban dari semua persoalan umat manusia seperti ditegaskan pada surat al-Kahfi tadi”, tambahnya.    

Selain memastikan bahwa agama jauh lebih luas ketimbang ilmu, dan dengan demikian implisit beliau tidak setuju pada pandangan pakar dan sumber yang mengelompokkan agama dalam ilmu-ilmu humaniroa, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta ini membedakan secara tegas “watak” agama dan ilmu; agama dapat difahami dengan adanya keyakinan lebih dulu, sementara ilmu dimulai dengan keraguan. Wallahu a’lam.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s