PTAIS Sebagai Kampus Perjuangan

Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, yang sekaligus Koordinator Perguruan Tinggi Islam Swasta Wilayah I DKI Jakarta, pada 19-21 Juni 2013, membuka acara Penyamaan Perspesi tentang Beban Kerja Dosen (BKD) Bagi Calon Asesor BKD, di Cipayung, Bogor. Ada tiga poin –yang hemat saya cukup penting dishare—dari sambutan beliau tentang Peruruan Tinggi Agama Islam (PTAIS); Pertama, PTAIS-PTAIS merupakan kampus-kampus masyarakat, sekaligus merupakan kampus perjuangan. Sebagai kampus yang dikelola oleh masyarakat, PTAIS tentu banyak menghadapi kendala, baik sarana prasarana, lebih-lebih dana. PTAIS “kalah” dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh Pemerintah. Karena itu, tegas beliau, PTAIS merupakan kampus perjuangan, di mana dengan segala keterbatasannya, PTAIS harus tetap eksis dan bahkan mampu bersaing dengan  PTAIN-PTAIN.

Kedua, meski keberadaannya yang serab terbatas, PTAIS tetap harus memenuhi standar-standar yang telah digariskan  oleh pemerintah. Beban Kerja Dosen, misalnya, yang harus dibuat oleh seorang dosen terhadap kinerjanya dalam  satu semester. Dengan membuat BKD tadi, maka sebuah PTAIS jelas memiliki dosen-dosen yang telah mempunyai sertifikat pendidik, sebagai sebuah pengakuan formal pemerintah terhadap seorang dosen. Persyaratan minimal kualifikasi strata dua (S2) bagi dosen, adalah contoh lain kebijakan pemerintah yang harus dipenuhi oleh PTAIS dalam memberikan tugas pengajaran kepada seorang dosen.

Ketiga, bekerja dengan hati. Prof. Komaruddin mengajak agar para pengelola PTAIS untuk dapat mengurus perguruan tinggi masing-masing dengan hati. Bekerja dengan hati, membuat pekerjaan menjadi mudah, seberat apapun masalahnya. Dan, latar belakang seorang aktivis, menurutnya, dapat membantu menumbuhkan mental mengurus PTAIS dengan hati ini. Kuncinya, tegas beliau, adalah ikhlas. Wallahua’lam.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s