Islam Berkeunggulan, UMJ Berkemajuan

Pada Sabtu, 24 Januari 2015, Prof. Dr. Din Syamsuddin memberikan sambutan dalam acara pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) peroide 2015-2019, Dr. Syaiful Bakhri, MH. Pa Din –begitu sapaan akrab beliau–menggagas tentang “Islam Berkeunggulan” yang seyogyanya menjadi spirit bagi sivitas akademika perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam mengelola dunia pendidikan Islam. Islam berkeunggulan, yang bagi  beliau merupakan terusan dari gagasan K.H. Ahmad Dahlan tentang “Islam Berkemajuan”, menurutnya adalah turunan dari semboyan fastabiqul khairat yang sangat melekat pada Muhammadiyah (semboyan fastabiqul khairat Muhammadiyah ini tidak lain merupakan petikan surat al-Baqarah (2) ayat 148 dan surat al-Maidah (5) 48). Pa Din secara khusus menekankan bahwa kata khairat dalam semboyan fastabiqul khairat, dalam bahasa Arab  merupakan ism al-tafdhil (bermakna superlatif)  dan merupakan bentuk jamak; dengan demikian semboyan fastabiqul khairat tersebut “berlomba-lomba dalam keterbaikan-keterbaikan”. Pa Din menyinggung bahwa menurut sejarahnya, UMJ adalah yang melahirkan PTM-PTM  seperti UM Malang dan UM Yogya yang nyatanya kini jauh lebih  unggul dan lebih maju. Kunci menjadi “yang terbaik’’ menurut pa Din adalah melakukan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi.

Sementara itu Dr. Syaiful Bakhri yang terpilih sebagai Rektor baru UMJmenggantikan Prof. Dr Masyitoh yang telah memimpin UMJ sebelumnya selama delapan tahun (2006-2014), dalam pidato iftitahnya menyampaikan gagasan tentang menjadikan UMJ sebagai perguruan tinggi Berkemajuan dengan visi kepemimpinannya adalah “Mencapai perguruan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kelas dunia (world class)”, dengan beberapa misi kepemimpinan, yakni : (1) Komitmen terhadap wacana keilmuan, keislaman, dan kemuhammadiyahan sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan institusi, (2) Mendorong terciptanya perguruan tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai keseimbangan iman dan amal serta intelektual dan moral, (3) Pencapaian akreditasi institusi A pada tahun 2019.

Acara pelantikan dihadiri oleh selain beberapa pengurus Pimpinan Pusat, juga dihadiri oleh Pengurus Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, beberapa perwakilan pimpinan PTM se-Indonesia, dan tentunya sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Jakarta.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s