Silaturrahim Idul Fitri Spesial UMJ

Kamis, 27 Syawal 1436 hijriyah, bertepatan dengan 13 Agustus 2015 miladiyah, keluarga besar Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan acara Halal Bihalal sebagai ajang silaturrahim Idul Fitri 1436 hijriyah. Acara berlangsung di Masjid at-Taqwa UMJ. Momentum silaturrahim ini spesial karena dihadiri oleh tiga tokoh Muhammadiyah sekaligus; Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah terpilih pada Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar (1-7 Agustus), Dr. Haedar Nashir, Sekretaris Umum Dr. Abdul Mu’thi, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah Dra. Hj. Siti Noorjannah Djohantini, M.Si. Tampak hadir Rektor UMJ, Dr. Syaiful Bakhri, Ketua Badan Pembina Harian UMJ, Drs. Husni Thoyyar, para dekan, dosen dan pegawai. Acara dihadiri juga oleh  Wakil Walikota Tangerang Selatan, Drs. Benjamin Davnie. Tidak ketinggalan pengurus Pimpinan Daerah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah DKI Jakata, Tangerang, dan Banten.

Abdul Muthi dalam sambutannya mengatakan bahwa apresiasi publik terhadap pelaksanaan muktamar sangat tinggi. Ini terlihat dari banyaknya publikasi menyangkut muktamar, baik di dalam maupun di luar negeri.  Namun demikian beliau mengajak agar warga Muhammadiyah tidak terjebak pada zona aman, merasa puas dengan pencapaian Muhammadiyah selama ini. “Sekali kita terjebak pada zona aman ini, maka Muhammadiyah akan beku dan stagnan”, katanya. Secara khusus, Muthi mengajak sivitas akademika UMJ untuk terus maju dengan menumbuhkan sifat keterbukaan (openess) dalam tata kelola pendidikannya. Dengan keterbukaan ini, tegasnya, semua masalah dapat diketahui secara bersama dan juga diselesaikan bersama. Apa yang  dilakukan oleh Rektor, Wakil Rektor dan Dekan, diketahui oleh sivitas akademikanya. “Semua transparan dan akuntabel”, tegasnya.

Haedar Nashir dalam arahan sambutannya menekankan pentingnya ukhuwah atau semangat persaudaraan yang harus dibangun oleh warga Muhammadiyah. Dengan menyitir ayat 10 surat al-Hujurat Haedar menegaskan “Ukhuwah tersebut dibangun atas dasar iman”. Haedar juga mengutip pemikiran ketua umum‘pendahulunya’, Prof. Dr. Din Syamsuddin tentang makna silaturrahim (shilat al-rahim) yang seharusnya melahirkan ‘kesamaan’ hati (shilat al-qalb), kemudian kesamaan pemikiran (shilat al-fikr), dan kesamaan langkah (shilat al-amal). “Dengan kesamaan tiga hal ini, insya Allah kita akan lebih kuat sebagai sebuah Persyarikatan”, kata Haedar.

Selain ukhuwah, Haedar juga menegaskan pentingnya sistem dalam organisasi  Muhammadiyah. Suksesnya pelaksanaan muktamar satu abad Muhammadiyah di Makassar lalu, menurut Haedar, selain karena muktamirin datang dengan keikhlasan dan ukhuwah, juga oleh karena ada sistem. Persiapan muktamar, menyangkut tata-tertib pelaksanaan muktamar, misalnya, sudah dilaksanakan satu tahun sebelumnya. “Wakil Presiden memuji muktamar kita sebagai muktamar teladan”, tambahnya.

Sementara itu, Rektor UMJ dalam sambutannya mengatakan bahwa acara silaturrahim ini sengaja dilakukan di masjid, oleh karena dia berkeinginan menjadikan masjid sebagai pusat keilmuan dan peradaban. Bahkan, katanya, melalui masjid, UMJ di masa kepemimpinannya ingin menjadikan darma Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) sebagai darma pertama dari catur darma Universitas Muhammadiyah Jakarta.  “Masjid ini akan dibangun lima lantai, di mana lantai ketiganya akan khusus dijadikan sebagai ruang-ruang kelas untuk perkuliahan AIK”, tegasnya.  Secara khusus Rektor mengajak para dosen khususnya untuk terus meningkatkan kualitasnya dengan studi program doktor dalam rangka memacu UMJ sebagai world class university.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s