‘Meniru Barat’

Dalam taushiyah subuh pada acara rapat koordinasi bidang III dan IV Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada 10 sampai 12 Januari 2016 di Villa Gadog, Bogor, Doktor Farihen menyampaikan fenomena tentang umat Islam yang sedikit demi sedikit terus meniru barat dalam semua bidang kehidupan, termasuk budaya dan apalagi bahkan yang substantif yaitu dalam bidang ilmu pengetahuan.

Hal ini, kata ketua Lembaga Pengkajian dan Penerapan al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) UMJ sudah diingatkan oleh Rasulullah saw bahwa umat Islam akan mengikuti Yahudi dan Nasrani sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta.

Dalam bidang ilmu pengetahuan khususnya, doktor Universitas Negeri Jakarta ini mengatakan bahwa ilmu dalam barat sangat sekuler, tidak mementingkan agama; sementara dalam Islam dasar atau basis ilmu adalah Tauhid. Dia mengutip ayat iqra bismirabbikalladzi khalaq, ‘Bacalah dengan nama Tuhanmu…’ (QS. 96 :1)

Kemajuan ilmu pengetahuan di Barat katanya tidak lepas dari pengaruh Islam yang pernah berkuasa di barat (baca : spanyo kurang lebih 800 tahun), tetapi oleh mereka, nilai-nilai agama ini dilepaskan dan dipisahkan sehingga antara agama dan gereja menjadi terpisah; politk dan agama menjadi dianggap bertentangan. Di Barat memang disebut bahwa Tuhan sudah mati dan agama adalah candu. Karenanya keilmuan yang berkembang di barat adalah positivistik sekuler

Farihen selanjutnya menyinggung bahwa yang dilakukan oleh kiyai haji Ahmad Dahlan adalah mengembalikan apa yg dulu terpisah. Dahlan membuat pembelajaran agama dalam bentuk kelas kelas yang ketika itu dipakai Belanda dan mengajarkan ilmu ilmu umum kepada umat Islam. Dahlan, tegas Farihen, melakukan integrasi apa yang disebut dengan ilmu umum dan ilmu agama.

Wallahu a’lam..

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s