Ilmu Manajemen Tujuh ‘S’

Saat khutbah jumat pertama di tahun baru, 6 Januari 2017, di masjid at-Taqwa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Profesor Koesmawan menyampaikan isi khutbahnya tentang Ilmu Manajemen Tujuh ‘S’. Ketujuh ilmu ini ditekankan oleh guru besar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan merupakan softskill yang perlu dikuasai oleh seseorang dalam rangka memanaje
hidupnya agar sukses.

Yang menarik adalah ketika Koesmawan ‘membelah’ ilmu tujuh S menjadi dua; tujuh S yang pertama adalah dalam rangka kesuksesan hidup di dunia, dan tujuh S yang kedua adalah dalan rangka kesuksesan hidup di akherat.

Tujuh S yang pertama adalah Strategi, Struktur, Sistem, Staff, Style, Skills, Staff, Shared Values. Sementara tujuh S yang kedua adalah Syahadat, Shalat, Shaum, Shadaqah, yang menurut Koesmawan sebagai inti; didukung Sabar dan Sukur, dan kemudian disempurnakan dengan Silaturahmi.

Sebelumnya, Koesmawan menekankan pentingnya di tahun baru (2017) jamaah terus meningkatkan ilmu dan pengetahuannya sebagai salah satu cara untuk meningkatkan taraf dan derajat kehidupan seseorang. Beliau mengutip ayat 11 surat al-Mujadilah (58), ‘Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu berlapang-lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan’.

Dengan mengutip ayat ini, Koesmawan menegaskan syarat mutlak ilmu guna memanaje hidup, yang selain memudahkan hidup juga jelas meninggikan status sosial seseorang. Ilmu manajeman tujuh S, tegas Koesmawan, jika dikuasai dan dilaksanakan dengan baik akan membawa kesuksesan dan kebahagiaan hidup.

Wallahu a’lam..

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s