Hikmah Ramadhan dan Penguatan Akidah Umat

Masjid at-Taqwa Universitas Muhammadiyah Jakarta menyelenggarkan kajian keilmuan Ramadhan 1438 H pada bada shalat Jumat, 2 Juni 2017, di masjid at-Taqwa. Topik kajian adalah Hikmah Ramadhan dan Penguatan Akidah Umat. Hadir sebagai narasumber adalah Adnin Armas, MA, Direktur Institut Studi Pemikiran dan Peradaban Islam (INSISTS), Jakarta.

Pada awal paparannya, Adnin mengingatkan bahwa Islam adalah agama akhir zaman yang Allah turunkan untuk kebahagiaan umat manusia. Berbeda dengan agama lainnya yang sudah mengalami perubahan dan juga dibuat manusia, semua syariat Islam diatur dengan rinci oleh Allah. ‘Awal puasa jatuh pada tanggal 1 Ramadhan adalah aturan Allah swt; begitu juga perayaan hari ‘Ied pada 1 Syawal; berbeda misalnya dengan perayaan Natal pada tanggal 25 Desember yang merupakan kesepakatan umat Kristiani’, demikian ia mencontohkan.

Selanjutnya Adnin mengkritisi umat Islam yang terjebak pada rutinitas dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. “Ibadah Ramadhan dilaksanakan tahun demi tahun tanpa menimbulkan dampak kesadaran kita sebagai umat terbaik di antara umat yang lain”, katanya. Di samping foktor internal umat Islam yang lalai tersebut, Adnin juga mengingatkan akan adanya kepentingan-upaya penggerotan umat, baik secara sosial, politik, dan ekonomi. “Karenanya, umat Islam terus terus keterbelakangan seperti ini”, simpul master pemikiran Islam jebolan Institut Internasional Pemikiran dan Peradaban Islam (ISTAC), Malaysia ini.

Agar bisa keluar dari krisis, Adnin mengajak umat Islam untuk berhenti bertikai, menyadarkan umat tentang ketertinggalannya dari umat dan bangsa lain, dan melakukan aksi-aksi nyata untuk kemandirian umat dalam segala hal (termasuk ekonomi), sehingga tidak lagi tergantung oleh kekuatan dominasi asing. Wallahu a’lam ..

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s